MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) DENGAN ALAT PERAGA KOTAK HURUF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SDN 11 AMPENAN

HIDAYATI, NURUL (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) DENGAN ALAT PERAGA KOTAK HURUF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SDN 11 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FILE.doc
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)

Abstract

Siswa kelas I SDN 11 Ampenan,berdasarkan hasil pengamatan banyak yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis permulaan, baik itu membaca dan menulis kalimat, kata, suku kata maupun huruf. Hal ini dikarenakan oleh kurangnya minat siswa belajar dan membaca menulis serta kurangnya bimbingan dari guru dan orang tua. Akibatnya, aktivitas dan prestasi belajar siswa untuk keterampilan membaca dan menulis rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas I SDN 11 Ampenan,yang berjumlah 20 orang. Pembelajaran dengan metode Struktural Analisis Sintesis (SAS)dengan alat peraga kotak huruf mengajarkan siswa untuk menganalisis dan mensintesis struktur suatu kata. Analisis berarti proses menguraikan, dan Sintesis berarti proses menggabungkan. Kegiatan pembelajarannya membantu siswa untuk lebih memahami cara membaca dan menulis permulaan, diantaranya kata, suku kata, dan huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri atas tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap evaluasi dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari hasil observasi dan catatan lapangan untuk penilaian proses sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus.Dari hasil penelitian diproleh bahwa hasil belajar siswa mencapai rata-rata 70 pada siklus I dan rata-rata 78 pada siklus II.Sedangkan ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II.Hal ini berarti penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator yang ingin dicapai.Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa metode SAS dengan alat peraga kotak huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Membaca,Menulis, SAS,Alat peraga kotak huruf
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:46
Last Modified: 02 Aug 2018 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7226

Actions (login required)

View Item View Item