MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL ( GAMBAR SERI ) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEMESTER GASAL KELAS V SDN PAOK TAWAH TAHUN AJARAN 2010 / 2011

H E R B A Y A T I, H E R B A Y A T I (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL ( GAMBAR SERI ) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEMESTER GASAL KELAS V SDN PAOK TAWAH TAHUN AJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PROPOSAL SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SDN Paok Tawah dalam proses belajar mengajar adalah sering diterapkan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa khususnya pada pelajaran mengarang. Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu untuk meningkatkan kamampuan mengarang digunakan media visual (gambar seri) pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 11 orang perempuan dan 9 orang laki-laki di SDN Paok Tawah Praya Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang lazim di sebut Classroom Action Research. Adapun pendekatan kualitatif digunakan untuk mengolah data dan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran yang berupa data aktifitas, sedangkan kuantitatif digunakan untuk mengolah data hasil belajar berupa hasil evaluasi (LKS). Penelitoan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang melalui penggunaan media visual (gambar seri) pada siswa kelas V SDN Paok Tawah. Adapun nilai rata-rata dari hasil evaluasi yang diperoleh siswa dari siklus I dan siklus II berturut-turut 71,25 dan 88. Nilai yang diperoleh tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Selain itu, ketuntasan klasikal juga meningkat dari siklus I ke siklus II berturut-turut 65 % dan siklus II 90 % sehingga dapat dilihat terjadinya peningkatan siswa sebesar 25%. Ini menandakan bahwa menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa kelas V SDN Paok Tawah Tahun Ajaran 2010 / 2011 dengan ketuntasan klasikal 90%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mengarang dan Media Visual (Gambar Seri)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:45
Last Modified: 02 Aug 2018 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7229

Actions (login required)

View Item View Item