PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERCERITA BERPASANGAN SISWA KELAS IV SEMESTER I DI SDN 39 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SALMAH, SALMAH (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERCERITA BERPASANGAN SISWA KELAS IV SEMESTER I DI SDN 39 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berbicara siswa yang disebabkan karena kesulitan dalam menyusun kalimat, kebiasaan menggunakan bahasa Sasak dalam berkomukasi, seringnya para guru menggunakan teknik ceramah dari awal hingga akhir pembelajaran. Rumusan masalah berdasarkan latang belakang di atas adalah : Apakah model pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV semester 1 SDN 39 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bercerita Berpasangan Siswa Kelas IV Semester I di SDN 39 Ampenan Tahun Pelajaran 2010/2011. Manfaat penelitian ini sadalah untuk dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran yang yang bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, unjuk kerja/demonstrasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hipotesa penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siklus I 65,21% (30 orang siswa) dan pada siklus II 89,13% (41 orang siswa), dengan demikian ada peningkatan hasil pembelajaran siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan pada siswa kelas IV semester I di SDN 39 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kreatif-Kooperatif-Inovatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:45
Last Modified: 02 Aug 2018 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7232

Actions (login required)

View Item View Item