MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN PENERAPAN METODE ROLE PLAYING ( BERMAIN PERAN) KELAS V SDN 44 AMPENAN

AINI, ASRATU (2011) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN PENERAPAN METODE ROLE PLAYING ( BERMAIN PERAN) KELAS V SDN 44 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAB I-V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis pada tanggal 15 februari 2011 terhadap guru dan siswa kelas V SDN 44 Ampenan dengan sistem observasi dan wawancara diperoleh informasi bahwa hanya 20% yang dinilai sudah terampil dalam berbicara atau mencapai KKM. Sedangkan 80 % dinilai belum mampu. Kelemahan dalam pembelajaran ini adalah berasal dari faktor guru dan siswa. Dari fakor guru, dalam kegiatan pembelajaran berbicara guru tidak memanfaatkan metode atau teknik yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Sedangkan dari faktor siswa, dalam proses pembelajaran berbicara, pembicaraannya tidak sistematis dan sulit dipahami. Berdasarkan masalah tersebut, salah satu pemecahan masalah yang ditawarkan adalah meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan penerapan metode role playing (bermain peran) kelas V SDN 44 Ampenan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang lazim disebut dengan Classroom action research. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, sedangkan hasil observasi kemudian dianalisis secara deskriptif dengan rumus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 44 Ampenan . Dari hasil evaluasi aktivitas berbicara siswa siklus I persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 50% dari segi proses dan 50% dari segi hasil. Pada siklus II diperoleh nilai dengan persentase ketuntasan sebesar 93 % dari segi proses dan 93% dari segi hasil. Sehingga dapat ditelaah bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 43% dari segi proses. Dan 43% dari segi hasil. Ini menandakan bahwa penggunaan metode role playing dapat meingkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 44 Ampenan Tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Role Playing, Keterampilan berbicara siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:44
Last Modified: 02 Aug 2018 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7235

Actions (login required)

View Item View Item