MENUMBUHKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DENGAN MENGGUNAKAN KEGIATAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS III B SDN 1 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

WARIASTHA, I GDE (2011) MENUMBUHKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DENGAN MENGGUNAKAN KEGIATAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS III B SDN 1 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2. Isi Skripsi Gdek 25-1-2011.doc
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)

Abstract

Pembelajaran aspek menulis dalam pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III B SDN 1 Cakranegara masih rendah. Penyebabnya adalah keterampilan siswa dalam menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan masih rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kegiatan berjenjang diterapkan dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan siswa dalam menulis. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk dapat menjelaskan peningkatan kreativitas dan kemampuan menulis paragraf melalui kegiatan berjenjang bagi siswa kelas III B SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III B. Jenis data yang diteliti adalah data aktivitas siswa, aktivitas guru dan peningkatan kemampuan menulis siswa. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dikatakan berhasil 85% jumlah siswa mencapai nilai KKM 70 dengan kategori aktivitas siswa aktif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dengan menerapkan pedoman observasi aktivitas guru dan pedoman observasi aktivitas siswa. Sedangkan data peningkatan kemampuan siswa diperoleh dari tes yang disusun oleh guru untuk mengukur kemampuan menulis siswa. Penelitian menunjukkan bahwa jumlah skor rata-rata aktivitas siswa siklus I, II, dan III sebesar 44; 55 dan 62 dengan kategori cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Rata-rata nilai kemampuan siswa siklus I,II dan III sebesar 68 ; 70 dan 73. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus I, siklusII dan siklus III sebesar 66,67%; 81,48% dan 88,89%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan berjenjang secara optimal dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis paragraf siswa kelas III B SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kreativitas, menulis dan kegiatan berjenjang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:06
Last Modified: 25 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7270

Actions (login required)

View Item View Item