METODE DISKUSI DAN APLIKASINYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI KELAS IV SDN 25 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Zain, Emy Purnamasari (2011) METODE DISKUSI DAN APLIKASINYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI KELAS IV SDN 25 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)

Abstract

Berbicara merupakan kebutuhan manusia sebagai mahluk sosial agar mereka dapat berkomunikasi dengan sesamanya, oleh karena itu keterampilan berbicara sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 25 Ampenan menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa masih tergolong rendah, Untuk menjawab permasalahan tersebut, metode diskusi dianggap tepat untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dalam peningkatan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 25 Ampenan tahunajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 25 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Penelitian ini terbagi dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dengan mengikuti prosedur penelitian yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Melalui kedua siklus tersebut dapat diamati peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila ketuntasan klasikal mencapai 85% dari siswa yang mencapai prestasi belajar 68, sedangkan aktivitas belajar siswa berkategori aktif yaitu berada pada interval nilai 10,5 ≥ X < 13,5. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 25 Ampenan. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa secara signifikan dalam proses pembelajaran yaitu : dari siklus I sebesar 15,24 meningkat pada siklus II menjadi 17,3 yang berkategori sangat aktif. Sedangkan untuk kemampuan berbicara siswa peningkatannya sangat signifikan yaitu pada siklus I sebesar 40,6% meingkat menjadi 90,6 % pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktif, kreatif, kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:06
Last Modified: 25 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7271

Actions (login required)

View Item View Item