OPTIMALISASI PENGGUNAAN KIT SEQIP IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 45 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011

SURYANI, ERMA (2011) OPTIMALISASI PENGGUNAAN KIT SEQIP IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 45 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 45 Ampenan masih sering menggunakan metode konvensional, sehingga prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas tiga siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis data, dan refleksi. Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah optimalisasi penggunaan KIT SEQIP IPA. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SDN 45 Ampenan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SDN 45 Ampenan dengan optimalisasi penggunaan KIT SEQIP IPA. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal 72% dengan nilai rata-rata kelas 73 dan daya serap 78% berkategori baik, karena kriteria ketuntasan belajar klasikal siklus I belum mencapai 85%, maka penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal 80% dengan nilai rata-rata kelas 79 dan daya serap 79% berkategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal 85%, maka penelitian ini dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal 96% dengan nilai rata-rata kelas 84 dan daya serap siswa terhadap pelajaran naik menjadi 84% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal yang ingin dicapai 85%, maka penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa optimalisasi penggunaan KIT SEQIP IPA dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 45 Ampenan Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): KIT SEQIP IPA, Prestasi Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:05
Last Modified: 25 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7272

Actions (login required)

View Item View Item