PENGGUNAAN MEDIA MISTAR BILANGAN PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

FEBRIYANTI E., WANDA (2011) PENGGUNAAN MEDIA MISTAR BILANGAN PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi wanda.doc
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas IV SD Negeri 18 Mataram diketahui bahwa permasalahan yang terjadi di SD Negeri 18 Mataram adalah guru cendrung hanya menjelaskan materi ajar didepan kelas, guru hanya melakukan tahap simbolik sedangkan tahap enaktif dan ikonik tidak tampak. Siswa lebih dominan sebagai penerima saja sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan pembelajaran Matematika menjadi membosankan dan tidak menyenangkan. Implikasinya kemampuan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran pun rendah dengan rata-rata 66,11, jumlah siswa yang tidak tuntas 15 orang dan ketuntasan belajar 65,90%. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu media pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 18 Mataram pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan mistar bilangan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan pertemuan ke-2 dilakukan evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 18 Mataram yang berjumlah 44 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa skor aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dalam 3 siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas guru adalah 2,8, persentase 69,75% kategori baik, skor aktivitas siswa adalah 2,45, persentase 61,2% kategori kurang aktif sedangkan pada siklus II skor aktivitas guru adalah 3,77, persentase 76,02% kategori baik, skor aktivitas siswa adalah 2,9, persentase 72,5% kategori baik dan siklus III skor aktivitas guru adalah 3,25, persentase 87,5% kategori sangat baik sedangkan skor aktivitas belajar siswa adalah 3,4, persentase 84,35% dengan kategori sangat aktif. Nilai rata-rata siswa berturut-turut dalam 3 siklus adalah 67,72; 73,18; 77,8 dengan presentase ketuntasan belajar secara berturut-turut adalah 77,27%, 84,09%, 93,18%. Rata-rata nilai siswa dalam 3 siklus selalu meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:04
Last Modified: 25 Aug 2018 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7273

Actions (login required)

View Item View Item