PEMANFAATAN MEDIA CHARTA BONGKAR PASANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SDN 4 JENGGIK TAHUN AJARAN 2010/2011

YUNARI, BAIQ TATI (2011) PEMANFAATAN MEDIA CHARTA BONGKAR PASANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SDN 4 JENGGIK TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
isi skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)

Abstract

Rendahnya aktivitas dan penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN 4 Jenggik terlihat dari nilai rata-rata pada mata pelajaran IPA semester I tahun ajaran 2009/2010 hanya 55,19. Nilai tersebut di bawah standar KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN 4 Jenggik tahun ajaran 2010/2011 melalui pemanfaatan media carta bongkar pasang dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes yang berupa tes obyektif dan metode observasi dengan menggunakan lembar observasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang telah dibahas (konsep IPA). Sedangkan metode observasi digunakan untuk mengetahui tingkat aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan memanfaatkan media charta bongkar pasang. Indikator yang telah ditetapkan yaitu sebesar 85% siswa berkategori baik dan penguasaan konsep IPA siswa yaitu 85% siswa mendapat nilai 70. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas siswa sebesar 44,44% dengan kategori kurang baik dan nilai rata-rata skor penguasaan konsep 66,19 dengan persentase ketuntasan sebesar 57,14%. Pada siklus II yaitu 88,88% siswa pada kategori baik dengan nilai rata-rata skor penguasaan konsep 76,52% dan ketuntasan belajar mencapai 91,30% dari 21 siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPA dengan memanfaatkan media carta bongkar pasang ini. Diharapkan pada peneliti lain apabila ingin melakukan penelitian yang serupa dapat mencobanya pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media, carta bongkar pasang, aktivitas belajar dan penguasaan konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:04
Last Modified: 25 Aug 2018 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7277

Actions (login required)

View Item View Item