PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAKON BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL KELAS V SDN 3 TERONG TAWAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Jumratulkhatimah, Jumratulkhatimah (2011) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAKON BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL KELAS V SDN 3 TERONG TAWAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi sekolah SDN 3 Terong Tawah yaitu rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan observasi awal diketahui nilai rata-rata siswa yaitu 5,61 dengan presentasi ketuntasan 43,24%, masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75% siswa mendapat nilai ≥ 60, selain itu kurangnya keaktifan serta keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat mendorong siswa aktif mengikutinya maka dimanfaatkan media pembelajaran Dakon bilangan dalam kegiatan pembelajaran. Sebab, dengan media pembelajaran Dakon bilangan ini pembelajaran diduga menjadi bermakna karena konsep-konsep pada materi pokok Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) akan diujicoba dan diperagakan dengan media tersebut, siswa menjadi lebih aktif menemukan jawaban dari suatu masalah dengan usaha mereka sendiri berdasarkan proses yang benar sehingga siswa mengetahui bagaimana menyelesaikan masalah Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) kelas V SDN 3 Terong Tawah. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas 1 (satu) pertemuan untuk proses pembelajaran dan 1 (satu) pertemuan untuk evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 37 orang. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang dikumpulkan melalui tes evaluasi, serta data aktivitas siswa dan guru yang dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa antara siklus I dan siklus II terdapat perbedaan yang signifikan dan terjadi peningkatan pada siklus II. Pada siklus I skor aktivitas siswa adalah 15,125 dengan kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II skor aktivitas siswa adalah 20,75 dengan kategori aktif. Selain itu, rata-rata nilai berturut-turut dalam dua siklus adalah 64,5 dan 81,44 dengan presentasi ketuntasan masing-masing adalah 61,76% (siklus I) dan 91,17% (siklus II). Hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran Dakon bilangan pada materi pokok Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media pembelajaran Dakon bilangan, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:04
Last Modified: 25 Aug 2018 02:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7279

Actions (login required)

View Item View Item