PENERAPAN ASISTENSI TEMAN SEBAYA DALAM BELAJAR KELOMPOK (TAI/Team Assisted Individualization) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS IVA SDN 8 MASBAGIK UTARA TAHUN AJARAN 2010/2011

JANNAH, RIADATUL (2011) PENERAPAN ASISTENSI TEMAN SEBAYA DALAM BELAJAR KELOMPOK (TAI/Team Assisted Individualization) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS IVA SDN 8 MASBAGIK UTARA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar di kelas IVA SDN 8 Masbagik Utara. Hal ini disebabkan oleh siswa di kelas jarang mengadakan diskusi dan kerja kelompok serta pembelajaran cenderung hanya berlangsung dari satu arah,.. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan strategi pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan keaktifan, kerjasama dan kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN 8 Masbagik Utara pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan Asistensi Teman Sebaya dalam Belajar Kelompok (TAI/Team Assisted Individualization). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus,. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 8 Masbagik Utara yang berjumlah 30 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa skor aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dalam 2 siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas guru adalah 12,00, persentase 66,67% kategori baik, skor aktivitas siswa adalah 11,84, persentase 65,75 % kategori aktif dan siklus II skor aktivitas guru adalah 16,00, persentase 88,88% kategori sangat baik sedangkan skor aktivitas belajar siswa adalah 15,84, persentase 88,00% dengan kategori sangat aktif. Nilai rata-rata siswa berturut-turut dalam 2 siklus adalah 63,66; 73,33; dengan presentase ketuntasan belajar secara berturut-turut adalah 84,66%, 86,66%,. Rata-rata nilai siswa dalam 2 siklus meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Asistensi Teman Sebaya dalam Belajar Kelompok (TAI/Team Assisted Individualization, Aktivitas dan Hasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:03
Last Modified: 25 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7285

Actions (login required)

View Item View Item