PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 05 PERESAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Isnawati, Yuli (2011) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 05 PERESAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab I-V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas V SDN 05 Peresak, diperoleh informasi penting. Informasi tersebut adalah terdapat kelemahan baik dari segi guru maupun dari segi siswa. Dari segi guru, guru tidak memanfaatkan teknik atau metode yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Sedangkan dari segi siswa, dalam proses pembelajaran berbicara, pembicaraannya tidak sistematis dan siswa sulit memahaminya. Berdasarkan hal itu, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode bermain peran (role playing). Model penelitian ini adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui penerapan metode bermain peran (role playing). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa skor aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dalam 2 siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas guru adalah 78.12 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 87.5 dengan kategori sangat baik. Nilai proses aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 270, dan hasil pelaksanaan pembelajaran sebesar 351 dengan nilai akhir 73.92 kategori aktif. Sedangkan pada siklus II, nilai proses aktivitas belajar siswa adalah 3011, dan hasil pelaksanaan pembelajaran sebesar 402 dengan nilai akhir 84.88 kategori sangat aktif. Nilai rata-rata siswa siklus I 74.28 persentase ketuntasan belajarnya 66.66%. Siklus II nilai rata-rata siswa 83.68 dengan presentase ketuntasan belajar 90%. Dengan demikian terjadi peningkatan kemampuan berbicara anak baik dari segi proses maupun dari segi hasil. Oleh karena itu penerapan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan kemampun berbicara siswa kelas V SDN 05 Peresak tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode role playing, kemampuan berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:03
Last Modified: 25 Aug 2018 02:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7290

Actions (login required)

View Item View Item