Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Siswa Kelas V B SDN 28 Cakranegara Tahun Pelajaran 2010/2011

Sari, Ni Luh Ratna (2011) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Siswa Kelas V B SDN 28 Cakranegara Tahun Pelajaran 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RATNASARI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses belajar matematika di SDN 28 Cakranegara belum memberikan kesempatan yang luas pada siswa untuk mencoba menemukan, melakukan dan mengalami sendiri penemuan konsep atau langkah-langkah kerja suatu peragaan. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan volume bangun ruang kubus dan balok bagi siswa kelas VB SDN 28 Cakranegara pada tahun pelajaran 2010/2011. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode demonstrasi secara optimal untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan volume kubus dan balok siswa kelas VB SDN 28 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Data yang diperoleh, dianalisa dengan mengkategorikan jumlah aktivitas belajar menjadi sangat aktif, aktif,kurang aktif dan tidak aktif. Prestasi belajar siswa dicari rata-rata dan ketuntasan belajar secara klasikal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dengan menerapkan pedoman observasi aktivitas siswa dan guru. Sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dengan menerapkan tes hasil belajar buatan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah skor aktivitas siswa dari siklus I :aktivitas siswa berjumlah 49: dengan kategori aktif: aktivitas guru berjumlah 60,5: rata-rata nilai tes 6,37: ketuntasan belajar siswa 52,63%. Hasil penelitian siklus II menghasilkan aktivitas siswa berjumlah 57: dengan kategori aktif: aktivitas guru berjumlah 66: nilai rata-rata siswa 6,88: ketuntasan belajar siswa 84,21. Hasil penelitian siklus III aktivitas siswa berjumlah 61: kategori aktivitas sangat aktif: aktivitas guru 72: nilai rata-rata siswa 7,19: dengan ketuntasan belajar 97,39. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi secara optimal dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VB SDN 28 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan volume bangun ruang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Demontrasi dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:02
Last Modified: 25 Aug 2018 02:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7292

Actions (login required)

View Item View Item