PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA PEMBELAJARAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 27 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012

ERLINA, ERLINA (2011) PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA PEMBELAJARAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 27 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN 27 Ampenan yaitu guru kurang mengemas pembelajarannya dengan metode dan teknik yang tepat dalam pembelajaran matematika. Metode pembelajaran yang digunakan masih didominasi oleh aktivitas guru, sedangkan aktivitas siswa sangat rendah. Dalam pembelajaran, guru hanya menggunakan metode pembelajaran yang bersifat konvensional. Dengan Metode pembelajaran yang bersifat konvensional tersebut menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan, kurang menarik minat siswa dan siswa kurang mampu memahami dengan baik materi pelajaran yang diberikan sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi luas bangun datar melalui penerapan metode diskusi dengan teknik kancing gemerincing pada siswa kelas V SDN 27 Ampenan tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode observasi. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 60,4 (siklus I), 63,6 (siklus II), dan 78,82 (siklus III). Sedangkan ketuntasan belajar siswa berturut-turut dari siklus I, siklus II, dan siklus III adalah 44%, 72%, dan 84%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dengan teknik kancing gemerincing pada materi luas bangun datar dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 27 Ampenan tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kancing Gemerincing, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:02
Last Modified: 25 Aug 2018 02:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7294

Actions (login required)

View Item View Item