PPENERAPAN METODE DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI KELAS IV SEMESTER GENAP SDN 40 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011

WIDIARTINI, NI NENGAH (2011) PPENERAPAN METODE DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI KELAS IV SEMESTER GENAP SDN 40 AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). PTK ini bersifat kolaborasi (kerja sama) antara guru dengan peneliti. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) ingin mengetahui aktivitas siswa dalam mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi dengan penerapan metode dua tinggal dua tamu pada siswa kelas IV SDN 40 Ampenan tahun ajaran 2010/2011. 2) ingin mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn pokok bahasan globalisasi dengan penerapan metode dua tinggal dua tamu pada siswa kelas IV SDN 40 Ampenan tahun ajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV semester II SDN 40 Ampenan tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam peneitian ini adalah apabila hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85% dan aktivitas belajar mengalami peningkatan dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I skor rata-rata aktivitas belajar siswa 65% berkategori cukup aktif meningkat menjadi 84,72% berkategori sangat aktif pada siklus II. Dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa maka terjadi pula peningkatan pada hasil belajarnya yaitu pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 75 meningkat menjadi 80 pada siklus II dengan kategori tinggi, begitu pula dengan ketuntasan klasikal pada siklus I 69,6% meningkat menjadi 87,8% pada siklus II. Dengan demikian penggunaan metode two stay two stray dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV semester 2 SDN 40 Ampenan pada mata pelajaran PKn. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan metode kooperatif ini dalam proses pembelajaran yang memiliki masalah yang sama pada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode dua tinggal dua tamu (two stay two stray), Prestasi belajar, PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 02:02
Last Modified: 25 Aug 2018 02:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7297

Actions (login required)

View Item View Item