PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN 01 MATARAM TAHUN 2010/2011

HARIYANTI, LIZANA (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN 01 MATARAM TAHUN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas V SDN 01 Mataram dalam keterampilan menulis karangan narasi karena peran guru dalam menerapkan media serta metode pembelajaran yang kurang efektif. Berpijak pada latar belakang tersebut, masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menerapkan metode pembelajaran CIRC. Sejalan dengan masalah tersebut, tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN 01 Mataram dengan menerapkan metode pembelajaran CIRC. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan melihat aktivitas pembelajaran yang dikumpulkan dengan metode observasi, yaitu dengan memberikan lembar observasi bagi guru dan siswa, serta LKS. Data yang terkait dengan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa dikumpulkan dengan metode pemberian tes mengembangkan karangan narasi. Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam penulisan karangan narasi digunakan metode CIRC. Setelah itu, data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Untuk melihat keberhasilan penelitian digunakan teknik analisis ketuntasan belajar, yaitu dihitung dengan cara ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) aktivitas pembelajaran terjadi peningkatan sebesar 2,3 yakni dari 9,7 pada siklus I dengan kategori cukup baik menjadi 12 pada siklus II dengan kategori baik; (2) hasil pembelajaran menulis karangan narasi siswa terjadi peningkatan sebesar 37%, yakni dari 37% pada siklus I menjadi 74% pada siklus II. Dengan demikian, terjadi peningkatan hasil menulis karangan narasi dengan menerapkan metode CIRC.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan, Narasi, dan CIRC.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:06
Last Modified: 03 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7302

Actions (login required)

View Item View Item