PENERAPAN METODE PROBLEM BASED-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK PENGERJAAN HITUNG BILANGAN PECAHAN DI KELAS IV SDN 1 PERINA TAHUN AJARAN 2009/2010.

SYUHADAK, UMMATUN (2011) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK PENGERJAAN HITUNG BILANGAN PECAHAN DI KELAS IV SDN 1 PERINA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_UMMA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan didalam penelitian ini dilihat dari 2 sisi, yaitu guru dan siswa. Masalah bagi guru adalah pembelajaran matematika pada kelas IV semester II guru masih menggunakan metode pembelajaran ekspositori, dimana proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, dan siswa hanya menerima pengetahuan dari guru. Masalah bagi siswa adalah aktivitas dalam meningkatkan pembelajaran masih kurang dan prestasi belajar matematikanya masih rendah.Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, maka tujuan umum yang ingin dicapai didalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN I Perina pada materi pokok pengerjaan hitung bilangan pecahan dengan menerapkan metode Problem Based-Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas guru dan siswa diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan guru pada siklus I dan II menujukkan bahwa, persentasi ketercapaian siswa pada siklus I adalah 53%. Pada siklus II persentasi ketercapaian siswa adalah 80%, sedangkan dari hasil observasi aktivitas terhadap guru pada siklus I dan siklus II menujukkan bahwa persentasi ketercapaian guru pada siklus I adalah 80%, dan pada siklus II persentasi ketercapaian guru adalah100%, dan hasil evaluasi siswa pada siklus I diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 74%, sedangkan pada siklus II diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 86%. Sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 12%, ini menandakan bahwa dengan penerapan metode Problem Based-Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok pengerjaan hitung bilangan pecahan di kelas IV SDN 1 Perina Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan metode Problem Based-Learning, aktivitas dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:06
Last Modified: 03 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7306

Actions (login required)

View Item View Item