PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 3 SANDIK TAHUN AJARAN 2011/2012

NURLAELA, NURLAELA (2011) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 3 SANDIK TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ella_Skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN 3 Sandik, menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi ini dapat dilihat dari masih ada siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran PKn yaitu 65,0. Permasalahan diatas disebabkan oleh kurang bervariasinya metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru, ketidaksiapan siswa dalam menerima materi, kurang mempelajari kembali materi dan timbulnya kesan sulit terhadap materi yang baru diajarkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn melalui penerapan model cooperative Learning tipe Think Pair and Share di kelas V SDN 3 Sandik tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam tiga kali pertemuan. Setiap sikus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Sandik tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 20 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes uraian tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah aktivitas belajar dikatakan telah meningkat apabila skor aktivitas siswa secara klasikal minimal dalam kategori aktif dan ada peningkatan skor aktivitas dalam setiap siklusnya. Prestasi belajar dikatakan telah meningkat apabila secara klasikal jumlah siswa yang mencapai KKM 85% dari jumlah seluruh siswa dan ada peningkatan dalam setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 13,68 dan 19,32 yang memilki katagori cukup aktif dan aktif. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I dan II berturut-turut adalah 60% dengan nilai rata-rata 66,6 dan 90% dengan nilai rata-rata 78,1. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe think pair and share dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V SDN 3 Sandik tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Learning Tipe Think Pair and Share, Prestasi belajar, PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:06
Last Modified: 03 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7307

Actions (login required)

View Item View Item