PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SDN 1 PERINA TAHUN AJARAN 2010/2011

HAKIM, SYAMSUL (2011) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SDN 1 PERINA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CTL 2011.BAB I-LMPIRAN.SYAMSUL HAKIM.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran di kelas, sebagian guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional, sehingga menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas V SDN 1 Perina Kecamatan Jonggat Lombok Tengah dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar sains siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas guru dan siswa diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentasi aktivitas siswa pada siklus I, II, dan III meningkat dari rata-rata 55,2% pada siklus I, menjadi rata-rata 79,37% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi rata-rata 87,91% pada siklus III. Sedangkan persentasi aktivitas guru menunjukkan peningkatan dari 83% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dan juga pada siklus III. Sementara itu, hasil evaluasi siswa pada siklus I diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 70,37%, meningkat menjadi 85,71% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 92,85 % pada siklus III. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar sains siswa pada pokok bahasan tumbuhan hijau di kelas V SDN 1 Perina Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:06
Last Modified: 03 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7308

Actions (login required)

View Item View Item