PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DALAM TOPIK BENDA DAN SIFATNYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN I CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

MURNIATI, NI NENGAH (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DALAM TOPIK BENDA DAN SIFATNYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN I CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
revisi skripsi murniati.doc
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas IV SDN 1 Cakranegara adalah rendahnya prestasi belajar IPA, belum mencapai nilai KKM 65 dan ketuntasan belajar belum mencapai 85 %. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPA. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diterapkan model pembelajaran inquiri. Penerapan model pembelajaran inquiri, guru berperan sebagai inovator dan motivator dalam pembelajaran, sedangkan siswa aktif dalam merumuskan masalah, menyusun hipotesa, memilih hipotesa dan menyusun kerangka kerja untuk menguji kebenaran hipotesa yang dipilihnya, dan akhirnya siswa menyusun hasil percobaan yang dilakukan dalam bentuk laporan percobaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 siklus. setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/penilaian, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang, yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari penerapan pedoman observasi. Sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui penerapan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa siklus I, siklus II dan siklus III adalah 2,89 , 3,33 dan 3,78 dengan kategori cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Rata-rata nilai tes siswa 6,30 , 6,60 dan 6,94. Ketuntasan belajar siswa dari siklus I ; siklus II ; siklus III juga mengalami peningkatan dari 48,39 ; 70,97 ; 93,55. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan perubahan wujud benda, tema benda dan sifatnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inquiri, perubahan wujud dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:05
Last Modified: 03 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7314

Actions (login required)

View Item View Item