PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA BAGI SISWA KELAS V SDN 3 BATU KUMBUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

WIDYANTI, IDA AYU PIDADA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA BAGI SISWA KELAS V SDN 3 BATU KUMBUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi DAyu Pidada (Repaired).docx
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)

Abstract

Proses pembelajaran konvensional, yang diterapkan di kelas V belum mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk mecapai nilai KKM yang ditetapkan sebesar 65. Peningkatan mutu pembelajaran sebagai upaya meningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) siswa kelas V SDN 3 Batu Kumbung, dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw secara optimal dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (sains) siswa kelas V SDN 3 Batu Kumbung pada pokok bahasan bumi dan alam semesta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Batu Kumbung tahun pelajaran 2010/2011 dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada pokok bahasan Bumi dan Alam Semesta. Penerapan model pembelajaran jigsaw dilaksanakan dengan membagi siswa menjadi siswa menjadi 6 kelompok yang heterogen, dan dibebani tugas materi untuk dipelajari sampai menjadi ahli. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 5 (lima) tahapan. Data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru pada penelitian ini diperoleh dengan penerapan metode observasi dan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan penerapan metode tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan jumlah skor 7,88 dan 9,75. Siklus I berkategori sangat aktif dan siklus II sangat aktif. Skor rata-rata prestasi belajar siswa siklus I dan siklus II sebesar 69,61 dan 75,53. Ketuntasan belajar siklus I dan siklus II sebesar 84% dan 100%. Hasil uji dengan menggunakan uji Z diperoleh hasil Zhitung = 6,08 dan Ztabel = 1,736. Dengan demikian dapatlah dikatakan terjadi peningkatan yang signifikan skor rata-rata prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw secara optimal dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) siswa kelas V SDN 3 Batu Kumbung pada tahun pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan bumi dan alam semesta. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan oleh guru dengan memperhatikan karakteristik materi pelajaran, alat dan sumber belajar yang memadai, kecukupan waktu dan kemampuan siswa di kelas yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Belajar, Jigsaw, dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:05
Last Modified: 03 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7315

Actions (login required)

View Item View Item