PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE STAD BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVb SDN 1 SANDIK TAHUN AJARAN 2009/2010

SAFITRI, DIAN (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE STAD BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IVb SDN 1 SANDIK TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
isi skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe STAD berbasis permainan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial mata pelajaran IPS pada siswa kelas IVb SDN 1 Sandik tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPS. Permasalahan yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah penerapan pembelajaran model Cooperatif Learning tipe STAD berbasis permainan dalam meningkatkan keterampilan sosial mata pelajaran IPS pada siswa kelas IVb SDN 1 Sandik tahun ajaran 2009/2010?”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan sosial mata pelajaran IPS pada siswa kelas IVb SDN 1 Sandik tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi serta evaluasi dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Cooperatif Learning tipe STAD berbasis permainan. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan mengajak siswa terlibat dalam suatu permainan kemudian masing-masing kelompok siswa mengerjakan LDS yang dibagikan oleh guru. Pada pertemuan berikutnya dilanjutkan dengan mengadakan kuis secara individu, dan diakhir siklus diakhiri dengan memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok yang berhasil. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila 75% dari seluruh siswa kelas IVb mampu melaksanakan indikator keterampilan sosial yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan keterampilan sosial siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I menunjukkan tingkat keterampilan sosial siswa diperoleh persentase 58.2% sedangkan hasil observasi aktivitas guru diperoleh persentase 69.5% dan tergolong pembelajaran dilaksanakan dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan persentase keterampilan sosial siswa adalah 77.2%. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru adalah 94.3% dan tergolong baik sekali. Pada penelitian ini terjadi peningkatan keterampilan sosial siswa dan aktivitas guru dari siklus I dan II. Dengan melihat hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Cooperatif Learning tipe STAD berbasis permainan dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperatif Learning tipe STAD, Permainan, Keterampilan Sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:05
Last Modified: 03 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7317

Actions (login required)

View Item View Item