PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 3 KURIPAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

UTAMI, TYA SATIKA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 3 KURIPAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1,2,3,4,5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Pembelajaran IPS di SDN 3 kuripan utara belum mencapai hasil yang memuaskan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran serta metode, teknik dan media yang digunakan oleh guru kurang tepat. Sementara itu, data yang diperoleh pretes menunjukkan siswa masih belum tuntas dan nilai rata-rata kelas masih di bawah KKM, yaitu, 60,00. Oleh karena itu, agar pembelajaran berjalan baik maka perlu diterapkannya model pembeljaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran inovatif yaitu model pembelajaran GI (Group Investigation). Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran GI (Group Investigation) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan usaha persiapan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 3 Kuripan Utara Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Rancangan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian siklus I nilai rata-rata siswa adalah 71,20 dengan persentasi ketuntasan klasikal 76%, siklus II nilai rata-rata siswa 74,40 dengan persentasi ketuntasan klasikal 80%, siklus III nilai rata-rata siswa 76,80 dengan persentasi ketuntasan klasikal 88%. Rata-rata nilai siswa pada siklus III mencapai ketuntasan klasiklal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GI (Group Investigation) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pokok bahasan usaha persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 3 Kuripan Utara Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): GI (Group Investigation), Pembelajaran IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:05
Last Modified: 03 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7318

Actions (login required)

View Item View Item