PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2010/2011

TUSTIANA, TUSTIANA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sandik pada semester I Tahun Pelajaran 2010/2011 yang disebabkan oleh cara mengajar guru mata pelajaran IPS yang monoton, kurang menarik dan kurang mengaktifkan seluruh siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi kurang motivasi belajar dan sulit memahami materi pelajaran IPS. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Terstruktur dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Sandik Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Sandik Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Terstruktur. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi dan evaluasi), dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester 2 SDN 2 Sandik dengan banyak siswa 34 orang. Indikator ketercapaian dalam peneitian ini yaitu apabila prestasi belajar pada aspek kognitif dan psikomotor siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi aktivitas belajar mengajar mengalami peningkatan dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa. Pada proses penerapan model pembelajaran kepala bernomor terstruktur, siswa dikelompokkan secara heterogen dan setiap anggota kelompok diberikan nomor dan dibagikan tugas sesuai urutan nomor. Anggota kelompok mendiskusikan penyelesaian masalah yang ditugaskan oleh guru kemudian siswa dipilih secara acak untuk menjelaskan hasil diskusi kelompok. Prestasi belajar siswa pada aspek kognitif mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu pada siklus I 70,5% meningkat menjadi 91,1% pada siklus II dan pada aspek psikomotor yang diamati melalui aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu dari berkategori cukup aktif menjadi aktif. Dengan demikian penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Terstruktur dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sandik Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Terstruktur, Prestasi Belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:05
Last Modified: 03 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7319

Actions (login required)

View Item View Item