PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 02 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SIRAJUDIN, SIRAJUDIN (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 02 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi baru.doc
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis terhadap guru dan siswa kelas V SDN 02 Sandik dengan sistem observasi dan wawancara diperoleh informasi bahwa siswa yang kurang terampil dalam berbicara belum mencapai mencapai KKM. Kelemahan dalam pembelajaran ini adalah berasal dari faktor guru dan siswa. Dari fakor guru, dalam kegiatan pembelajaran berbicara, guru kurang kreatif dan inovatif dalam menemukan dan menerapkan model atau metode yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, dan guru masih menggunakan cara lama dan monoton dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan dari faktor siswa, dalam proses pembelajaran berbicara, pembicaraaannya tidak sistematis, tidak menggunakan kata-kata baku,masih sering menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa sehari-hari pada saat proses pembelajaran dikarenakan siswa kurang dalam perbendaharaan kata sehingga sulit memahami materi pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut, salah satu pemecahan masalah yang ditawarkan adalah meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script kelas V SDN 02 Sandik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang lazim disebut dengan Classroom Action Research. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, sedangkan hasil observasi kemudian dianalisis secara deskriptif dengan rumus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 02 Sandik. Dari hasil evaluasi aktivitas berbicara siswa siklus I persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 50% dari segi proses dan 50% dari segi hasil. Pada siklus II diperoleh nilai dengan persentase ketuntasan sebesar 93 % dari segi proses dan 93% dari segi hasil. Sehingga dapat ditelaah bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 43% dari segi proses dan 43% dari segi hasil. Ini menandakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 02 Sandik tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Cooperative Script , Kemampuan berbicara siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2018 02:05
Last Modified: 03 Aug 2018 02:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7324

Actions (login required)

View Item View Item