PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN SAINS DI SDN 1 SESELA KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2010/ 2011

ROSDIANA, JUNITA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN SAINS DI SDN 1 SESELA KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2010/ 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JUNITA ROSDIANA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada pelajaran sains di kelas IV SDN I Sesela adalah 31,25% sedangkan untuk KKM pada pelajaran Sains adalah ≥ 65. Hal ini disebabkab karena selama proses pembelajaran berlangsung guru menerapkan metode ceramah dan terbatasnya penggunaan alat peraga yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievent Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada pelajaran sains SDN 1 Sesela Kecamatan Gunungsari T.A 2010/2011. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat mengurangi kebosanan dalam memahami materi sains sehingga lebih menarik sesuai dengan tingkat perkembangan berfikir anak yang masih pada tahap operasi konkrit. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas IV SDN 1 Sesela yang berjumlah 32 siswa. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar yang diberikan tiap akhir siklus. Adapun indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah 80% siswa mendapat nilai minimal 75. Tes hasil belajar siswa siklus I, II dan siklus III diperoleh ketuntasan belajar siswa 62,5%, 75% dan 87,5%. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievent Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Sesela tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran kooperatif STAD, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2018 01:11
Last Modified: 04 Aug 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7329

Actions (login required)

View Item View Item