PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 7AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

FITRIAWATI, NANIK (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 7AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi bab i-iv.doc
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Berdasarkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 7 Ampenan semester I Tahun Pelajaran 2010/2011 secara klasikal masih rendah, terutama pada materi pokok perkalian dan pembagian bilangan, operasi hitung campuran, KPK dan FPB. Hal tersebut disebabkan karena proses pembelajaran matematika yang telah dilaksanakan oleh guru selama ini, hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa kurang serius dalam mengikuti pembelajaran, siswa kurang tertarik terhadap pelajaran matematika, siswa kurang aktif pada waktu belajar, dan siswa kurang sungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran, yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Permasalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 7 Ampenan Tahun Pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan operasi bilangan bulat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi operasi bilangan bulat dengan melalui penerapan model pembelajaran langsung pada siswa kelas IV SDN 7 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi bilangan bulat mencapai rata-rata 75,32 pada siklus I, 80,62 pada siklus II dan 82,35 pada siklus III. Sedangkan ketuntasan belajar siswa berturut-turut dari siklus I, siklus II dan siklus III adalah 77,41%, 87,5% dan 91,17%. Berdasarkan hasil tersebut, disimpukan bahwa penerapan model pembelajaran langsung pada materi operasi bilangan bulat dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 7 Ampenan tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran langsung, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2018 01:11
Last Modified: 04 Aug 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7333

Actions (login required)

View Item View Item