PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 6 AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2010/2011

RAHMAYANTI, ASRI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 6 AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (PTK) ASRI RAHMAYANTI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 6 Aikmel disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih didominasi guru dan siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together melalui model pembelajaran ini siswa diposisikan sangat dominan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus melalui 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 6 Aikmel yang berjumlah 27 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dikatakan berhasil jika peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa ditiap siklus siswa mendapat nilai ≥65 dan ketuntasan belajar 75%. Berdasarkan hasil evaluasi siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata skor aktivitas siswa berturut-turut 7,5; 10,6; 12,3 yang memiliki kategori cukup aktif, aktif dan sangat aktif. Skor rata-rata kelas siklus I 73,7 dengan persentase ketuntasan klasikal 70,3% pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,2 dengan persentase ketuntasan klasikal 88,9%. Berdasarkan hasil penelitian dan ketercapaian indikator dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran koopertaif tipe Numbered head together (NHT) dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 6 Aikmel Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Kooperatif Tipe NHT, Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2018 01:10
Last Modified: 04 Aug 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7338

Actions (login required)

View Item View Item