PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 9 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010 /2011

K a s i a h, K a s i a h (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 9 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010 /2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan selama ini belum berorientasi pada siswa. Guru masih bertindak sebagai pemberi ilmu dan siswa sebagai penerima yang pasif. Akibatnya prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa masih rendah, khususnya pada kelas V SDN 9 Mataram. Selain itu juga model pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai dan belum mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran interaktif dan apakah penerapan model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 9 Mataram ?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar pada pokok bahasan volume kubus dan volume balok siswa semester I kelas V SDN 9 Mataram tahun pelajaran 2010 / 2011. Adapun model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini adalah model pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menggunakan 2 siklus. Melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pelaksanaan tindakan siklus I pada tanggal 30 November 2010 dan siklus II pada tanggal 6 Desember 2010. Adapun hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh nilai ketuntasan sebesar 62,07 %, aktivitas siswa diperoleh skor 12 dengan kategori rendah dan aktivitas guru diperoleh skor 14 dengan kategori cukup. Pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan sebesar 89,66%, aktivitas siswa diperoleh skor 17 dengan kategori tinggi, serta aktivitas guru diperoleh skor 17 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran interaktif dari siklus I ke siklus II sebesar 27,59 % pada mata pelajaran matematika. Diharapkan perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang penerapan model pembelajaran interaktif pada setting kelas atau sekolah yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Interaktif, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2018 01:10
Last Modified: 04 Aug 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7339

Actions (login required)

View Item View Item