PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVITIONAL ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 04 AIKMEL UTARA PADA MATERI POKOK OPERASI BILANGAN BULAT TAHUN AJARAN 2010/2011

MANAR, AHMAD (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVITIONAL ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 04 AIKMEL UTARA PADA MATERI POKOK OPERASI BILANGAN BULAT TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ah. Manar Repisi ACC.doc
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)

Abstract

Matematika masih dianggap sulit oleh sebagian siswa karena berisi rumus-rumus yang bersifat abstrak sehingga tidak mudah dipahami. Salah satu pelajaran yang dianggap sulit yaitu penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar atau rata-rata kelas siswa kelas V tahun 2009/2010. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan pembelajaran ke arah yang bermakna dan menyenangkan agar motivasi dan prestasi siswa dapat ditingkatkan. Penerapan model kooperatif tipe STAD dimaksudkan sebagai salah satu alternatif bagi guru untuk mengembangkan proses pembelajaran secara efektif dalam meningkatkan prestasi dan kreatifitas siswa pada pelajaran matematika dengan berorientasi pada kemampuan siswa melakukan diskusi kelompok dalam menemukan pengetahuan sendiri dan kemampuan mengaplikasikannya secara nyata. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 04 Aikmel Utara dengan jumlah subjek penelitian 35 orang siswa yang terdiri terdiri dari 23 laki-laki dan 12 perempuan. Pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing siklus terdari dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan pada tiap akhir siklus. Adapun indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah prestasi siswa dengan nilai rata-rata siswa minimal 65 dan ketercapaian secara klasikal minimal 85%. Dari hasil evaluasi hasil belajar pada siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata nilai siswa 67,06 dan.78,54 Sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 68,57% dan 88,57%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD pada materi operasi bilangan bulat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 04 Aikmel Utara tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2018 00:34
Last Modified: 04 Aug 2018 00:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7356

Actions (login required)

View Item View Item