PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (INQUIRI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 6 MASBAGIK SELATAN TAHUN AJARAN 2009/2010

SOSIANDI, LALU NIKA (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (INQUIRI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 6 MASBAGIK SELATAN TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi ku new.doc
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar guru menggunakan berbagai macam metode dan pendekatan untuk meningkatkan keterampilan maupun kompetensi siswa. Latar belakang digunakannya pendekatan inquiri ini adalah untuk membantu peserta didik mengembangkan kesiapan serta penguasaan keterampilan dalam proses kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas IV SDN 6 Masbagik Selatan tahun ajaran 2009/2010 melalui model pembelajaran kontekstual (inquiri). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam II siklus. Dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN 6 masbagik selatan yang berjumlah 31 orang siswa 15 laki-laki dan 16 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ketuntasan belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi dan dianalisis dengan metode kuantitatif. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 80,64%. Prestasi belajar siswa belum memenuhi indikator keberhasilan 85%. Sedangkan pada sikus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90,32% dan sudah melampui Indikator ketercapaian 85%. Adapun tahapan atau proses (inquiri) yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu: dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan peran yang akan dilakukan masing-masing peserta didik dan menganalisis sendiri atas dasar temuan, serta mendorong siswa untuk meningkatkan kerjasama, mengkondisikan siswa belajar dalam suasana kebersamaan, dan menjadikan siswa merasa siap untuk mempresentasikan jawaban kelompoknya. Dan pada akhir pembelajaran dengan bantuan guru siswa menguatkan materi yang dipelajari dengan memberikan kesimpulan dari materi yang dipelajari. Terlebih dengan memberikan penghargaan kelompok yang menjadikan siswa termotivasi untuk belajar. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kontekstual (inquiri) dapat meningkatkan prestasi siswa dan membuat pengetahuan siswa menjadi lebih tertanam dengan menelaah materi yang dipelajari. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi meningkat lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): mengembangkan kesiapan serta penguasaan keterampilan dalam proses kogniti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Aug 2018 01:11
Last Modified: 04 Aug 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7359

Actions (login required)

View Item View Item