Nurhayatun, Baiq (2011) PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VI B SDN 27 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSl.docx Restricted to Repository staff only Download (43MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan menulis khususnya menulis berita kelas VI SDN 27 Mataram tahun pelajaran 2010 /2011. Berdasarkan observasi awal diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa kelas VI B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis masih sangat rendah. Berdasarkan masalah tersebut maka peneliti memilih menggunakan pendekatan kooperatif model STAD ( Student Teams Achievement Division ) untuk meningkatkan kemampuan menulis berita. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil evaluasi siklus I nilai yang diperoleh dengan persentase ketuntasan 34,78 %. Pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan sebesar 91,31 %. Aktivitas guru dan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada aktivitas guru pada siklus I rata-rata persentasenya71,5 % dan pada siklus II rata-rata persentasenya 84,6 %. Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata persentasenya 68,1 % dan pada siklus II rata-rata persentasenya 84,1 %. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis berita dengan penerapan pendekatan kooperatif model STAD dari siklus I ke siklus II sebesar 56,53 % pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan ketuntasan klasikal 91,31 %. Diharapkan agar dilakukan penelitian lanjutan tentang penerapan pendekatan kooperatif model STAD ( Student Teams Achievement Division ) pada setting kelas atau sekolah yang lain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kooperatif, Student Teams Achievement Division, menulis berita. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 25 Aug 2018 01:49 |
Last Modified: | 25 Aug 2018 01:49 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7385 |
Actions (login required)
View Item |