PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VI B SDN 27 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Nurhayatun, Baiq (2011) PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VI B SDN 27 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSl.docx
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan menulis khususnya menulis berita kelas VI SDN 27 Mataram tahun pelajaran 2010 /2011. Berdasarkan observasi awal diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa kelas VI B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis masih sangat rendah. Berdasarkan masalah tersebut maka peneliti memilih menggunakan pendekatan kooperatif model STAD ( Student Teams Achievement Division ) untuk meningkatkan kemampuan menulis berita. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil evaluasi siklus I nilai yang diperoleh dengan persentase ketuntasan 34,78 %. Pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan sebesar 91,31 %. Aktivitas guru dan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada aktivitas guru pada siklus I rata-rata persentasenya71,5 % dan pada siklus II rata-rata persentasenya 84,6 %. Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata persentasenya 68,1 % dan pada siklus II rata-rata persentasenya 84,1 %. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis berita dengan penerapan pendekatan kooperatif model STAD dari siklus I ke siklus II sebesar 56,53 % pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan ketuntasan klasikal 91,31 %. Diharapkan agar dilakukan penelitian lanjutan tentang penerapan pendekatan kooperatif model STAD ( Student Teams Achievement Division ) pada setting kelas atau sekolah yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kooperatif, Student Teams Achievement Division, menulis berita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 01:49
Last Modified: 25 Aug 2018 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7385

Actions (login required)

View Item View Item