PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKAT- KAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 25 MATARAM TAHUN AJARAN 2010 /2011

ANAM, M. CHAIRUL (2011) PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKAT- KAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 25 MATARAM TAHUN AJARAN 2010 /2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi baru 2010 2.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe Team Game Team Tournament (TGT) pada materi ”gaya”. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 25 Mataram dengan subyek 26 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observer evaluasi, dan refleksi. Data kegiatan guru dan aktivitas siswa diperoleh dengan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes essay dan objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh 72,92 % dengan kreteria baik. Persentasi ketuntasan klasikal tes objektif 61,5 %, jumlah siswa yang tuntas 16 orang dan yang tidak tuntas 10 orang. Sedangkan pada tes essay persentasi hasil belajar siswa secara kalsikal adalah 65.3 % siswa yang tuntas 17 orang dan yang tidak tuntas 12 orang, persentasi LKS 69,2 %, dari hasil tersebut diperoleh hasil belajar keseluruhan adalah 65,38% dengan kriteria cukup baik. Pada siklus II Hasil hasil aktivitas belajar siswa diperoleh 81,25 % dengan kreteria baik. Persentasi ketuntasan klasikal tes objektif 88,46 %, jumlah siswa yang tuntas 23 orang sedangkan yang tidak tuntas 3 orang. Pada tes essay diperoleh pesrsentasi hasil belajar siswa secara klasikal adalah 84,62 % siswa yang tuntas 22 orang dan yang tidak tuntas 4 orang, persentasi LKS 100 %, dari hasil tersebut diperoleh hasil belajar keseluruhan adalah 92,3% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pendekatan cooperative learning tipe team Game tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 25 Mataram tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Learning Tipe TGT, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 01:49
Last Modified: 25 Aug 2018 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7386

Actions (login required)

View Item View Item