PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEMESTER I KELAS V SDN 39 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010-2011

JAFAR, SITI SURYANI (2011) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEMESTER I KELAS V SDN 39 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena guru lebih berperan sebagai subyek pembelajaran atau pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa sebagai obyek, serta pembelajaran tidak mengkaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Perilaku siswa yang cenderung hanya mendengar dan mencatat pelajaran yang diberikan guru, siswa tidak mau bertanya apalagi mengemukakan pendapat tentang materi yang diberikan dalam pembelajaran, sehingga prestasi belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika dengan penerapan Pendekatan kontekstual. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari 4 kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Skor aktivitas siswa siklus I adalah 18 (aktif) serta siklus II adalah 19,3 ( Sangat Aktif). Sedangkan pada siklus I ketuntasan klasikal 63,2% dan siklus II ketuntasan klasikal 84,2%. Dapat disimpulkan, penerapan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Dapat disarankan kepada semua pihak yang ingin menerapkan pendekatan kontekstual pada pembelajaran, supaya menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah bersangkutan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Belajar, Pendekatan Kontekstual, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2018 01:49
Last Modified: 25 Aug 2018 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7388

Actions (login required)

View Item View Item