PENERAPAN TEORI BELAJAR GAGNE PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI DAN PENGUKURAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 LEMBAH SARI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

T A H Y A N, T A H Y A N (2011) PENERAPAN TEORI BELAJAR GAGNE PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI DAN PENGUKURAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 LEMBAH SARI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang mucul berdasarkan identifikasi antara lain kurangnya motivasi, sulitnya konsentrasi, kurangnya peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, tidak tersusunnya materi pembelajaran secara baik dan kurangnya umpan balik guru dengan siswa yang menyebabkan prestasi belajar siswa rendah. Maka untuk itu peneliti mencoba untuk menerapkan sebuah teori belajar yaitu Teori Belajar Gagne pada pokok bahasan geometri dan pengtukuran yang bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Lembah Sari Tahun Pelajaran 2010/2011. Kegiatan penelitian ini berlangsung dalam II siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Dimana prosudur pelaksanaan tindakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Lembah Sari dan penelitian ini dikatakan berhasil jika rata-rata kelas yang dicapai 60, keaktifan belajar siswa “minimal tergolong baik” nampak dan aktivitas guru dalam proses pembelajaran “minimal tergolong baik”. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata skor aktivitas guru berturut-turut 68,74 yang berkategori baik dan 84,43 yang berkategori sangat baik. Sedangkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 67,70 yang berkategori baik dan 86,71 yang berkategori sangat baik dan rata-rata skor hasil evaluasi siswa, pada siklus I dan II masing-masing sebesar 62,92 dan 70,83. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan Teori Belajar Gagne pada pokok bahasan geometri dan pengtukuran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IV SDN 3 Lembah Sari Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, Teori Belajar Gagne, Matematika, Geometri dan pengukuran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:34
Last Modified: 21 Aug 2018 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7407

Actions (login required)

View Item View Item