PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD MUTIARA HATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

NOVIANI, IDA AYU MADE (2018) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL ANAK PADA KELOMPOK B DI PAUD MUTIARA HATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SINTIA.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perkembngan Kemampuan Sosial Anak dengan Penerapan Metode Bermain Peran Makro Pada Anak Usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Hati Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pada hasil penelitian daan pembahasan yang telah dilakukan dan rumusan masalah yang ada bagimana kemampuan sosial anak disekola, penerapan bermain peran makro dapat digunakan dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. maka diperoleh kesimpilan bahawa penerapan metode bermain peran makro dapat meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Mutia Hati. Berhasilnya penerapan metode bermain peran makro dapat dilihat dari hasil peningkatan perkembangan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun pada perlakua-perlakuan yang dilakukan yang diberikan sebanyak lima kali perlakuan yang diberikan kepada HF, AL, NA, TH, LH berhasil dapat mengembangkan kemampuan Sosial Anak yang tadinya rendah. Hasil kemampuan Sosial Anak meningkat dapat diketahui dari langkah- langkah penerapan yang diberikan oleh peneliti yaitu penerapan metode bermain peran makro : pertama, tujuan pemebalajaran. Kedua, analisis siswa. Ketiga, materi/kegitan bermain. Keempat, tujuan pembelajran/tujuan kegiatan bermain. Kelima, media atau sumber belajar. Keenam, penelilaian awal siswa. Ketujuh, evaluasi. Kemudian mulai kegiatan permain dan bermain peran bersama teman-temanya, semua anak memiliki kemempuan sosial yang dapat berkembangan secara baik tetapi anak- anak tersbut masih perlu bimbingan dan strimulus dari guru-gurunya. Ada beberapa deskriptor yang perlu dibimbing oleh guru prndidik yaitu anak dapat meminta maaf, meminta tolong jika mengalami kesulitan dan dapat berkata yang baik karena semua anak memiliki egosinya masing-masing terutama anak TH dan AL. Kesimpukan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun dapat meningkatkan melalui penerapan metode bermain peran makro di TK Mutiara Hati. Kata kunci :

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bermain Peran Makro dan Kemampuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:37
Last Modified: 21 Aug 2018 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7415

Actions (login required)

View Item View Item