PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 AIKMEL PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

UYUNI, SITI ROHYATUL (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 AIKMEL PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Aikmel pada materi hidrolisis garam tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas, dengan jumlah total siswa 160. Dengan teknik simple random sampling, didapatkan kelas sampel yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media peta konsep, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvesional (ceramah dan diskusi). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dengan tes jenis pilihan ganda beralasan dan dianalisis dengan uji t. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung yang lebih besar dari ttabel yaitu berturut-turut 2,606 dan 1,991 yang berarti Ho pada penelitian ini ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media peta konsep memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Aikmel pada materi hidrolisis garam tahun pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hasil belajar, hidrolisis garam, media peta konsep, model pembelajaran, model pembelajaran berbasis masalah.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:30
Last Modified: 08 Sep 2017 07:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item View Item