TELAAH WACANA LIRIK LAGU DARI BAND RED SQUAD DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (KAJIAN STILISTIKA)

Ranggadisa, Ahmadin (2016) TELAAH WACANA LIRIK LAGU DARI BAND RED SQUAD DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (KAJIAN STILISTIKA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
SKRIPSI OLEH AHMADIN RANGGADISA (E1C 110 085).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada gaya bahasa yang terdapat dalam lirik lagu dari band Red Squad berdasarkan struktur kalimat dan langsung atau tidaknya makna. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah jenis-jenis gaya bahasa pada lirik lagu band Red Squad? dan (2) Bagaimanakah keterkaitan gaya bahasa pada lirik lagu band Red Squad dengan pembelajaran sastra di SMA?. Berdasarkan permasalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan jenis-jenis gaya bahasa pada lirik lagu band Red Squad. dan (2) Mendeskripsikan keterkaitan gaya bahasa pada lirik lagu band Red Squad dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitan ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif berkarakter deskriptif, dengan objek penelitian wacana lirik lagu atau syair lagu dari band Red Squad. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode kepustakaan, metode observasi dengan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik transkripsi, identifikasi, klasifikasi, interpretasi, dan simpulan serta dibantu dengan analisis pemaknaan yang sesuai dengan pendekatan stilistika. Disimpulkan bahwa gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yang digunakan dalam lirik lagu dari band Red Squad tersebut bersifat variatif dan yang paling dominan adalah gaya bahasa klimaks dan repetisi. Berdasarkan langsung atau tidaknya makna dikelompokkan menjadi dua yakni gaya bahasa retoris ditemukan gaya bahasa aliterasi, asonansi, apostrof, tautologi, perifrasis, koreksio atau epanortesis, hiperbola dan yang paling dominan muncul yakni aliterasi dan asonansi. Sedangkan gaya bahasa kiasan, ditemukan gaya bahasa metafora, personifikasi, epitet dan yang paling dominan muncul yakni gaya bahasa metafora. Wacana gaya bahasa pada lirik lagu dari band Red Squad dapat dijadikan alternatif bahan ajar pada pembelajaran sastra untuk SMA kelas XII kurikulum 2013 semester ganjil (peminatan) pada Kompetensi Dasar (KD) 3.4 “Membandingkan hasil analisis terhadap puisi dan/atau cerpen dari media massa, baik cetak maupun elektronik” dan Kompetensi Dasar (KD) 4.4 “Mengevaluasi hasil analisis puisi dan/atau cerpen, baik dari media cetak maupun elektronik”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Lirik lagu, Gaya bahasa struktur kalimat dan langsung atau tidaknya makna, Pembelajaran sastra di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:40
Last Modified: 08 Sep 2017 07:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item