PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “DISS-GADIS” ( DISINI, SETIAP SISWA ADALAH GURU ATAS DIRINYA SENDIRI/EVERYONE IS A TEACHER HERE) UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS VSDN 1 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Astiamawati, Astiamawati (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “DISS-GADIS” ( DISINI, SETIAP SISWA ADALAH GURU ATAS DIRINYA SENDIRI/EVERYONE IS A TEACHER HERE) UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS VSDN 1 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skrip.doc
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini ingin mengetahui sejauhmana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe ”Diss-gadis” (disini, setiap siswa adalah guru atas dirinya sendiri/Everyone Is a Teacher Here) dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas V SDN 1 Lembar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dan minimal 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan pertemuan ke-2 dilakukan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Lembar tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 orang. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data pendukung untuk memperoleh hasil belajar siswa melalui data aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa skor aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada observasi awal rata-rata nilai siswa adalah 65 dengan ketuntasan belajar 50%, siklus I skor aktivitas guru adalah 2.9, persentase 72.5% kategori baik, skor aktivitas siswa adalah 2.67, persentase 67% kategori aktif sedangkan pada siklus II skor aktivitas guru adalah 3.7, persentase 92.5% kategori sangat baik, skor aktivitas siswa adalah 3.62, persentase 90.5% kategori sangat aktif. Nilai rata-rata siswa berturut-turut dalam 2 siklus adalah 66.66 dan 79 dengan persentase ketuntasan belajar 66.66% pada siklus I dan 90% di siklus II. Rata-rata nilai siswa setiap siklusnya meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Diss-gadis, Hasil Belajar Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2018 05:11
Last Modified: 27 Aug 2018 05:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7519

Actions (login required)

View Item View Item