PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SMA NEGERI 5 MATARAM

Harmoko, Harmoko (2016) PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SMA NEGERI 5 MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL TESIS. CD.rtf

Download (277kB)

Abstract

Sebagai sekolah yang melakukan program pengembangan SDM dan salah satu sekolah terbaik versi Depdiknas, SMA Negeri 5 Mataram merupakan salah satu sekolah yang unggul di bidang akademik dan di bidang non-akademik. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu bagaimanakah perencanaan, pengelolaan, evaluasi, tindak lanjut, dan implikasi pengelolaan SDM di SMA Negeri 5 Mataram?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengelolaan, evaluasi, tindak lanjut, dan implikasi pengelolaan SDM di SMA Negeri 5 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif (studi kasus). Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumen. Informan diambil menggunakan teknik snowball sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian bahwa SMA Negeri 5 Mataram melakukan: 1) Perencanaan pengelolaan SDM: a) Identifikasi staf/pegawai b) Penempatan, c) Penyesuaian diri, d) Evaluasi, e) Perbaikan, dan f) Kompensasi pegawai. 2) Pengelolaan SDM: a) Meningkatkan iklim kerja yang humanis, b) Penyesuaian progam pendidikan, dan c) Kepemimpinan demokratis. 3) Evaluasi pengelolaan SDM: a) Kemampuan kerja, b) Kerajinan, c) Disiplin kerja, d) Tanggungjawab, e) Kerja sama, f) Kelakuan di dalam dan di luar dinas, g) Prakarsa, h) Kepemimpinan partisipan, i) Pelatihan. 4) Tindak lanjut pengelolaan SDM: a) Penyesuaian internal dan eksternal, b) Koordinasi SDM, c) Pendekatan klinis, d) Top down-button up, e) Kepala sekolah menjaga nilai kekeluargaan, f) SDM (kerja tim). 5) Implikasi pengelolaan SDM: a) Keselamatan kerja, b) Keselektifan dalam perekrutan, c) Tingkat upah yang tinggi dan pemberian insentif, d) Hak kepemilikan karyawan (employee ownership), e) information sharing, f) Partisipasi dan pemberdayaan (participation and empowerment), g) Pengelolaan tim secara mandiri, h) Pelatihan dan pengembangan ketrampilan, i) Cross Utilization and Cross Trainning (pembina maupun panitia), j) Symbolic egalitarian: komitmen dan kerja sama, k) Wage compression (mengutamakan kepentingan sekolah), dan l) Promotion from within (pelatihan dan pengembangan keahlian). Kesimpulan penelitian bahwa SMA Negeri 5 Mataram melakukan perencanaan, pengelolaan, evaluasi, tindak lanjut, dan implikasi pengelolaan SDM. Saran dalam penelitian ini yaitu pengelolaan SDM diharapkan agar dilaksanakan secara terprogram, kontinyu, dan mempertahankan serta mengembangkan (budaya dan iklim kerja) agar tetap berprestasi.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): : Management, Planning, Human Resources.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 28 Aug 2018 02:07
Last Modified: 28 Aug 2018 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7523

Actions (login required)

View Item View Item