PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Mawarny, Mawarny (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Mawar Isi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penggunaan model pembelajaran yang matematika di SDN 2 Gunungsari yang cenderung berpusat pada guru dan kurang melibatkan keaktifan dan kreativitas siswa sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Gunungsari tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Gunungsari tahun pelajaran 2011/2012. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Gunungsari sebanyak 42 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) dengan proses tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data tentang prestasi belajar matematika siswa adalah menggunakan metode tes, sedangkan metode pengumpulan data tentang keaktifan siswa dan guru menggunakan metode observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menentukan ketuntasan belajar baik secara individu maupun ketuntasan klasikal atau kelompok dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) ≥ 60 secara individual dan secara klasikal ≥ 85% dicapai dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan 69,05% dengan nilai rata-rata 62,86 dan jumlah siswa yang tuntas 29 orang. Pada siklus II persentase ketuntasan 85,71% dengan nilai rata-rata 67,98 dan jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 36 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Gunungsari tahun pelajaran 2011/2012. .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model cooperative script, Prestasi Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Aug 2018 02:06
Last Modified: 28 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7527

Actions (login required)

View Item View Item