PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN SNOWBALL THROWING PADA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 LEMBAHSARI TAHUN AJARAN 2010/2011

WIJAYADI, ACHMAD (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN SNOWBALL THROWING PADA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 LEMBAHSARI TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PROPOSAL SKRIPSI IPS new.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan didalam penelitian ini dilihat dari 2 sisi, yaitu guru dan siswa. Masalah dari guru adalah pembelajaran IPS pada kelas V semester ganjil masih berpusat pada guru dan guru belum memberdayakan seluruh potensi dirinya. Sedangkan masalah dari siswa adalah hasil belajar IPS siswa masih rendah belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang sebesar 6,0. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, maka tujuan umum yang ingin dicapai didalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Lembahsari pada pelajaran IPS materi pokok kenampakan alam Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dan Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terlaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Lembahsari tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 24 orang. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas mengajar guru diperoleh dari lembar obsevasi. Indikator ketercapaian dari penelitian ini adalah 85% siswa kelas V SDN 3 Lembahsari mengalami ketuntasan belajar IPS dengan ketentuan nilai rata-rata hasil belajar siswa minimal 7,0 dan ada penigkatan setiap siklusnya. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata hasil evaluasi siswa pada siklus I dan II masing-masing sebesar 7,50 dan 7,69, sedangkan prosentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I dan II masing-masing sebesar 78,26% dan 87,50% ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 3 Lembahsari tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan, Quantum Teaching, Snowball Throwing, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Aug 2018 02:06
Last Modified: 28 Aug 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7536

Actions (login required)

View Item View Item