ANALISIS KEBUTUHAN TOKOH UTAMA NOVEL AKU LUPA BAHWA AKU PEREMPUAN KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA: KAJIAN HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW

MARLINA, RINI (2016) ANALISIS KEBUTUHAN TOKOH UTAMA NOVEL AKU LUPA BAHWA AKU PEREMPUAN KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA: KAJIAN HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
SKRIPSI RINI MARLINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) kebutuhan tokoh utama (Suad) novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus menggunakan teori hirarki kebutuhan bertingkat Abraham Maslow/teori humanistik Abraham Maslow, (2) relevansi kebutuhan tokoh utama (Suad) dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan tokoh utama (Suad) novel Aku Lupa bahwa Aku Perempuan menggunakan teori hirarki kebutuhan bertingkat Abraham Maslow dan menentukan relevansi hasil analisis kebutuhan tokoh utama (Suad) dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah studi kepustakaan, dan catat, metode analisis data digunakan metode deskriftif. Setelah analisis dilakukan diketahui bahwa hirarki kebutuhan tokoh utama (Suad) terpenuhi yang terdiri dari (1) kebutuhan fisiologis sudah terpenuhi dengan adanya makanan, minuman, istirahat, tidur, dan seks; (2) kebutuhan akan rasa aman sudah terpenuhi yang diperoleh dari polisi, menteri, Abdul Hamid, Dirinya sendiri, Rifat Abbasy dan Faizah; (3) kebutuhan akan rasa cinta, memiliki dan dimiliki sudah terpenuhi yang diperoleh dari Abdul Hamid, Adil, dan Dokter Kamal Ramzi; (4) kebutuhan akan penghargaan/harga diri sudah terpenuhi dengan adanya penghargaan dari diri sendiri dan orang lain; (5) kebutuhan aktualisasi diri tokoh utama (Suad) sudah terpenuhi ditunjukkan dengan upaya-upaya untuk mempertahankan kebutuhan- kebutuhan yang sudah terpenuhi dalam hal ini Suad bertekad untuk tetap bertahan dalam karir dan dalam gerakan perempuan. Selanjutnya relevansi hasil analisis kebutuhan tokoh utama (Suad) novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus dengan pembelajaran sastra di SMA. Hasil analisis kebutuhan tokoh utama (Suad) novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus dapat dijadikan sebagai bahan ajar di SMA kelas XI semester 1.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kebutuhan, Tokoh Utama (Suad), Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:24
Last Modified: 08 Sep 2017 07:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item