ANALISIS DIALOG PERAN NASKAH MAK COMBLANG MELALUI PENDEKATAN PRAGMATIK SEBAGAI UNSUR PENDIDIKAN DRAMA

AGUS WINTARNO, AGUS WINTARNO (2013) ANALISIS DIALOG PERAN NASKAH MAK COMBLANG MELALUI PENDEKATAN PRAGMATIK SEBAGAI UNSUR PENDIDIKAN DRAMA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-II-III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

N askah drama yang merupakan salah satu genre sastra dengan dialog sebagai ciri khasnya dapat dinilai secara utuh ketika dihidupkan menjadi lakon di atas pentas. Penilaian tersebut dapat dilakukan secara optimal jika drama dipentaskan dengan berkualitas di mana indikator utamanya jika para pemeran mampu membawakan laku peran sebagai hasil dari serangkaian proses penciptaan drama secara kolektif bersama komponen artistik lain yang diawali dengan penganalisaan terhadap teks dialog peran. Salah satu sudut pandang analisis yang dapat dilakukan adalah melalui pendekatan pragmatik. Analisis melalui pendekatan pragmatik cukup beralasan mengingat bahwa pada dasarnya teks dialog peran di dalam naskah drama merupakan peristiwa komunikasi. Komunikasi berupa percakapan antar partisipan yang dipengaruhi dan dilatarbelakangi oleh konteks situasi tertentu. Sudah galib dalam suatu percakapan, yang secara verbal maujud melalui tindak tutur, para partisipan akan berusaha untuk saling menjaga prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan, tetapi di saat yang sama tidak jarang terjadi pelanggaran terhadap keduanya. Selanjutnya, melalui interpretasi atas setiap pesan yang terkandung di dalam percakapan itu yang memungkinkan implikatur dapat ditemukan. Drama adalah ekspresi artistik yang melukiskan tentang hidup dan kehidupan manusia baik ketika berhadapan dengan diri sendiri, sesama manusia, alam, maupun Tuhannya. Pelibatan diri di dalamnya baik sebagai pelaku maupun apresiator, berarti secara langsung maupun tidak langsung belajar dan menyelami nilai-nilai kehidupan sekaligus mengasah kecerdasan, melatih ketrampilan, serta mempertajam kepekaan estetis. Kata kunci:

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): drama, dialog, peran, pragmatik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:11
Last Modified: 31 Aug 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7551

Actions (login required)

View Item View Item