PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL MELALUI BAHASA IBU DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMERTAHANAN BAHASA SASAK DI DASAN CERMEN, SANDUBAYA

BAIQ DESY ARFINI, BAIQ DESY ARFINI (2013) PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL MELALUI BAHASA IBU DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMERTAHANAN BAHASA SASAK DI DASAN CERMEN, SANDUBAYA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil objektif tentang pembelajaran keaksaraan fungsional melalui bahasa ibu dan kontribusinya terhadap pemertahanan bahasa sasak. Rincian tujuan tersebut adalah: 1) untuk mengetahui pembelajaran keaksaraan fungsional dengan menggunakan bahasa ibu sebagai bahasa pengantar berhasil meningkatkan hasil belajar, 2) untuk mengetahui kontribusi pembelajaran keaksaraan fungsional melalui bahasa ibu terhadap pemertahanan bahasa Sasak. Landasan teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah 1) teori sosiolinguistik, 2) teori pembelajaran, dan 3) teori keaksaraan fungsional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode ini bertujuan menggambarkan sifat-sifat suatu individu, keadaan, dan gejala kelompok tertentu, secara empirik yang berlangsung saat penelitian dilakukan dan menganalisis hasil belajar. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Responden yang diteliti berjumlah 20 peserta didik dan dua orang tutor program keaksaraan fungsional melalui bahasa ibu di Dasan Cermen, Sandubaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar keaksaraan fungsional dengan menggunakan bahasa ibu sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajaran. peningkatan tersebut terlihat dari kemampuan siswa dalam merangkai kata, menulis dengan rapi dan berhitung dengan menggunakan simbol perhitungan. Temuan penelitian dari kontribusi terhadap pemertahanan bahasa Sasak sebagai berikut: 1) kontribusi terhadap budaya Sasak, 2) kontribusi terhadap kecakapan calistung (baca, tulis, dan hitung), dan 3) kontribusi terhadap pemertahanan bahasa Sasak. Kata kunci:

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): keaksaraan fungsional, bahasa Ibu, dan pemertahanan bahasa Sasak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:11
Last Modified: 31 Aug 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7556

Actions (login required)

View Item View Item