PENGGUNAAN PAPAN HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS SATU SDN 14 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ARTINI, NI KADEK SRI (2011) PENGGUNAAN PAPAN HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS SATU SDN 14 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I, II, III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)

Abstract

Kemampuan membaca siswa kelas satu SDN 14 Cakranegara tergolong masih rendah. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga. Sehingga dalam penelitian ini diangkat masalah “Bagaimanakah penggunaan papan huruf yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas satu di SDN 14 Cakranegara”. Tujuannya adalah untuk mengetahui penggunaan papan huruf yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca kelas satu SDN 14 Cakranegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi. Untuk mencapai tujuan penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Masing-masing siklus waktunya 3 x 30 menit (1 x pertemuan). Siklus I dilaksanakan pada tanggal 23 Nopember 2010, siklus II tanggal 29 Nopember 2010, siklus III tanggal 6 Desember 2010. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas satu SDN 14 Cakranegara yang berjumlah 43 orang. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh melalui lembar observasi, sedang data hasil kemampuan membaca siswa diperoleh melalui tes membaca yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Data aktivitas siswa dan guru dianalisis secara deskriftif kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah apabila langkah-langkah pembelajaran dengan papan huruf telah dilaksanakan secara optimal dan secara kuantitatif 100% pelaksanaan tercapai, sedang kemampuan membaca dikatakan meningkat apabila 75% peserta didik memperoleh skor minimal 65 (KKM). Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan penggunaan papan huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa, hal ini dapat dilihat dari perubahan hasil di masing-masing siklus yaitu rata-rata kemampuan membaca siswa pada siklus I 60,9% , siklus II 69,7%, siklus III 83% siswa mencapai KKM. Disarankan agar dalam proses belajar mengajar di kelas satu khususnya membaca menggunakan papan huruf, karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa sesuai hasil penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Papan huruf; Kemampuan membaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:11
Last Modified: 31 Aug 2018 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7561

Actions (login required)

View Item View Item