RAHNI, BAIQ (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 4 PRAYA BARAT DAYA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAIQ RAHNI (E1C106008).doc Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam aspek keterampilan berbicara, sehingga masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Praya Barat Daya tahun pelajaran 2010/2011. Dan peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menerapkan metode kooperatif berteknik bercerita berpasangan yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajara yang dilakukan dengan Penerapan Kooperatif Berteknik Bercerita Berpasangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Praya Barat Daya. Peningkatan tersebut dapat diketahui dengan hasil observasi aktivitas guru siklus I nilai presentase sebesar 95%, sedangkan pada siklus II sebesar 97,5% meningkat sebesar 2,5%. Sedangkan pada aktivitas siswa siklus I nilai presentase yang dicapai sebesar 70%, dan pada siklus II sebesar 95% meningkat sebesar 25%. Ada pun hasil obsrvasi pada kemampuan berbicara siswa siklus I nilai rata-rata yang dicapai sebesar 63,9%, sedangkan pada tindakan siklus II nilai rata-rata yang dicapai sebesar 79,5% meningkat sebesar 15,6%. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I nilai yang dicapai sebesar 63,1%, dan pada tindakan siklus II nilai yang dicapai sebesar 100%, yang berarti meningkat sebesar 36,9%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kemampuan Berbicara, Bercerita Berpasangan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 01:10 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 01:10 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7565 |
Actions (login required)
View Item |