PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERPIKIR –BERPASANGAN –BERBAGI/B3 (THINK PAIR SHARE/TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SDN 3 KURIPAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2011-2012

SOFIYAN, WIWIN (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERPIKIR –BERPASANGAN –BERBAGI/B3 (THINK PAIR SHARE/TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SDN 3 KURIPAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2011-2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe berpikir-berpasangan-berbagi (Think Pair Share) pada materi jenis hewan dan makanannnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Di lihat dari hasil data yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran Sains masih rendah. Nilai rata-rata yang diperoleh adalah 60 dan masih dibawah KKM yang sudah ditetapkan yaitu 65. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi dengan menggunakan soal uraian sedangkan aktivitas guru dan siswa dianalisis melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I. Pada siklus I skor aktivitas siswa adalah 54 berkategori aktif, sedangkan pada siklus II diperoleh skor 68 kategori sangat aktif sehingga peningkatan pada siklus II dari siklus I sebesar 14. Selain itu, nilai rata-rata siswa siklus I adalah 70,93 dan meningkat pada siklus II sebesar 6,57 dengan nilai rata-rata 77,5. Prosentasi ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I sebesar 65,62% dan siklus II diperoleh 87,5% sehingga meningkat sebesar 21,88 pada siklus II dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan pada siklus II dari siklus I dalam penerapan pembe;ajaran kooperatif tipe berpikir-berpasangan-berbagi (Think Pair Share) pada pelajaran Sains siswa kelas IV sdn 3 Kuripan Utara tahun pelajaran 2011-2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran kooperatif, Think Pair Share dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:10
Last Modified: 31 Aug 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7572

Actions (login required)

View Item View Item