PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 13 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

DENNYS, TRI KOMANG (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 13 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Diploma thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
proposal skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika dan siswa kelas V SDN SDN 13 Ampenan memberikan indikasi bahwa guru sudah berupaya memperbaiki kondisi pembelajaran matematika, namun aktivitas dan prestasi belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, sebagian besar siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan. Kondisi ini dapat dilihat dari pasifnya siswa di dalam kelas, sehingga pembelajaran yang terjadi hanya satu arah saja, yaitu dari guru ke siswa. kenyataanya, rata-rata nilai ujian semester I tahun ajaran 2009/2010 masih sangat rendah dan dibawah 63. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, guru hendaknya memperbaiki sistem pembelajaran, salah satu caranya dengan menerapkan pembelajaran matematika Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN 13 Ampenan tahun ajaran 2010/2011 melalui penerapan pembelajaran matematika Realistik pada pokok bahasan volume kubus dan balok dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 c yang berjumlah 42 orang dari 5 kelas yang ada. Data-data penelitian ini berupa data aktifitas guru dan siswa serta data prestasi yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi prestasi. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan rumus persentasi berdasarkan mean seluruh skor prestasi belajar. Berdasarkan hasil observasi siklus I dan II diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa berturut-turut 22,4 pada siklus I dan 24,45 pada siklus II yang berkategori sangat aktif. Sedangkan rata-rata skor hasil evaluasi siswa pada siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 72,38 menjadi 81,66. Demikian pula untuk persentase ketuntasan klasikal berdasarkan KKM yang ditetapkan yaitu 65. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas V SDN 13 Ampenan yaitu 64,28% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika Realistik dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan volume kubus dan balok tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Diploma)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran realistik, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:09
Last Modified: 31 Aug 2018 01:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7575

Actions (login required)

View Item View Item