PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 17 AMPENAN

Prasetyo, Suryo Adi (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 17 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hasil observasi dan wawancara awal dengan guru kelas V dan siswa kelas V SDN 17 Ampenan menunjukan indikasi bahwa aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran IPS masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan. Kendati guru telah berusaha untuk memperbaiki keadaan ini, namun hasil yang diperoleh tidaklah maksimal. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, guru hendaknya memperbaiki sistem pembelajaran yang ada. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan Pembelajaran Terpadu Tipe Keterpaduan (Integrated). Keefektifan pembelajaran Terpadu tipe Keterpaduan ini diuji melalui sebuah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 17 Ampenan tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat dau kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui evaluasi dalam bentuk pilihan ganda dan uraian di setiap akhir siklus, sedangkan data keaktifan belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi dalam bentuk cek list yang diisi setiap pembelajaran berlangsung. Data prestasi belajar tersebut diolah dengan rumus standar kelulusan klasikal yang menggunakan NA (nilai akhir). Berdasarkan hasil observasi siklus I dan II diperoleh rata-rata skor keaktifan belajar siswa secara klasikal berturut-turut adalah 40% (cukup aktif) pada siklus I, dan 80% (sangat aktif) pada siklus II. KKM yang ditetapkan sekolah untuk mata pelajaran IPS adalah 6,5. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas V SDN 17 Ampenan adalah 45% kemudian menjadi 95% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran terpadu dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN 17 Ampenan pada tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajarat Terpadu Tipe Keterpaduan, Aktivitas Belajar, Prestasi Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:09
Last Modified: 31 Aug 2018 01:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7577

Actions (login required)

View Item View Item